HACKER RETAS SITUS UNBK - Tutorial Dan Pemahaman Tentang Dunia IT | UnknownSources.info

Tutorial Dan Pemahaman Tentang Dunia IT | UnknownSources.info

Belajar Bersama Tentang Dunia IT

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 03 April 2018

HACKER RETAS SITUS UNBK

SITUS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN Diretas - Setelah pemerintah resmi mengumumkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujuan nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) selama ini sudah berjalan.

Belum diketahui motif dari aksi pelaku peretasan tersebut, namun dilihat dari pesan yang ditinggalkan, sepertinya hanya tindakan “iseng” masuk dan mendeface situs unbk.kemdikbud.go.id karena terdapat bug yang bisa dieksekusi. Situs KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER 2017/2018 diretas oleh Typical Idiot Security.



Pelaku yang menyebut kodenamanya (# SPEEDY-03 FT x4ninc #) tersebut memang tidak merusak halaman depan situs yang beralamat di unbk.kemdikbud.go.id. Dia hanya meninggalkan file di url berikut ini :

https://ubk.kemdikbud.go.id/files/source .
https://unbk.kemdikbud.go.id/files/source .

Nah berikut pesan yang ditinggalkan oleh si (# SPEEDY-03 FT x4ninc #) :

#JujurPentingPrestasiUtama #UNBK2K18_HACKED

Nampak sekali itu kalimat sindiran yang ditujukan kepada Kemendikbud. Selain pesan tersebut, beberapa nama juga terpampang di halaman deface nya . Berikut nama nama tersebut :

Khunerable - SPEEDY-03 - PYS404 - Mirav - Grac3 - AnoaGhost - Jje Incovers - Magelang6etar - Panataran

Sampai berita ini dirilis belum ada perbaikan dari situs terkait. Namun kalian juga bisa melihat mirror nya melalui link dibawah :

https://defacer.id/archive/attacker/x4ninc .

Sampai saat ini memang sering sekali terjadi aksi peretasan yang menimpa situs-situs pemerintah atau go.id. Di satu sisi, tindakan peretasan seperti ini sangat dilarang dan bisa saja pelaku peretasan diproses hukum. Namun disisi lain tindakan peretasan seperti ini bisa menjadi “peringatan” kepada admin situs karena seperti yang kita tau keamanan situs situs pemerintahan di Indonesia masih sangat buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages